Label

Pasti (10)

Total Tayangan Halaman

Senin, 10 Desember 2012

perjalanan anak rantau

Sblum gua menulis

gua brtrimaksh bgt atas kunjungan

kawan2 ke blog sederhana ini. Mlm sdh

smkin larut hem,y udh mlm smkin larut tp

mata ini gak bs terpejam,so iseng2 deh gua

nulis perjlnn hidup gua yg pd wktu itu gua

msh tinggl di pedalaman sulawesi,di mulai

dari pemberangkatan dari rumah,gua pergi

brsma kaka'ipar gua n beberapa teman

kampungnya,sbnrnya sih mau kerja di

sana,msh pagi buta gua uda bangun n

memprsiapkn pakaian n keprluan di

sana,aih jd ngawur ne cerita kemana2

kayak penjual panci obralan hoo,sory

kawan,tak brp lm gua sampe di plabuhan

Lembar,prjlnn ke hotel di sulawesi itu

cukup jauh,hotel tu tmpt gua kerja

kawan,sory kawan gua trus bilang anda2

kawan trus hem,maklum iwan fals sring

bilang kawan,makanya gua ikut2n,scara

gua funsnya bang iwan. Jd nglantur gini

nih tulisan,maaf kawan,prjlanan dari

lombok ke sulawesi tu 4hari 3malam

maklum pake kapal laut,prjlnn laut 3hri

2mlm & prjlnn darat sehari semalam,gak

kebayang dah capeknya kawan.tp xg paling

seru n srem pas di laut,bayangin ja kawan

di tengah laut 3hri 2mlm tanpa ada pulau

satupun yg di liat,yg ada cuman laut laut n

laut,parah srem bgt,di pikiran gua cuman

kpn nyampeknya2,takut tengglem

so'alnya,maklum gua gak bs berenang

heem. Kok critanya jdi ngelantur gini sih

hehe,..langsung dah kesumber cerita. Stlh

sampe gua kerja di pdalaman sulawesi,ya

jalan trans gitu dah yg jalur makkasar

pasang kayu & palu,lbih tepatnya sh dket

tikke',,,di PT.AGRO LESTARI LETAWA,stlh kerja

seminggu gua rasa gua gak tahan kerja di

sana,gua kepaksa kabur dri sana tanpa

pamit ninggalin kk'ipar n kawan2 gua,pas

gua kabur gua takut bgt,bayangin aja tak

satupun xg gua kenal di sana,uang cumn

50rb apes dah gua,tp gua beruntung pas

perjalanan ke tikke'gua ketemu ma org xg

berasal dri pedalaman hutan sulawesi

sana,dia pergi untuk menjual hasil

perkebunannya xg berupa biji coklat,stlah

dia mengenalkn diri n gua juga

mengenalkn diri n bercerita panjang

lebar,mungkin dia merasa kasihan or gmn

gua gak tw,tiba2 dia nawarin gua kerja n

tinggl di rumahnya,tanpa basa-basi gua

terima tawaranya,o ya nm tmn gua tu

cambang,dia mu'allaf dulu dia beragama

kristen stlh kawin dgn guru xg agamanya

islam dia ikut agama istrinya,nm kristennya

cambang xg lalu tu sthipen okto vianus.di

perjlnn gua kaget bgt kok jlnnya sprti ke

tmpt krja gua kemaren,krna pnasaran gua

nanya'm cambang,cambang bilang emg

bnr tp tmpt tingglnya lebih dalam dari tmpt

kerja gua xg kemaren,di butuhkan 2 jam

perjlnn pakek motor menuju tmpt tingglnya

cambang dari tmpt kerja gua kemaren,aih

seru pikir gua coz gua mw pergi ke xg

lebih pedalaman lg,nm kampung tu tabiora.

Ko'kayak cerita perjalan xg ngawur sh

hehe,,maaf kawan. Singkt cerita,langsung

aja ke intinya,.kehidupan di kampung

tabiora tu sgt unik n msh memegang teguh

adat istiadat leluhurnya,suku xg ada di sana

juga bermacem2,ada suku bugis,suku tator

toraja,suku kaeli xg ada 2 jenis aliran,kaeli

ledo n kaeli lupa gua tp xg jlas suku kaeli xg

tinggl di pegunungan dlm hutan

sana.kbanyakn agama xg di anut oleh

penduduk sana adlh islam,n mslh alam

jangan di tanyak pokoknya msh alami

bgt,rata2 rumah penduduk itu semuanya

rumah panggung,n mslh listrik jgn di

tanyak,penerangan di sana msh pakek

lampu bensin hem,mksud gua lampu

minyak,sudh beberapa hri gua kerja

berkebun coklat di sana n skrg tu hari

jum'at makanya gua pulang cpt,ssampenya

di rumah gua mandi n wuduk,stlah gua slse

wuduk gua berangkat jum'atan,o ya masid

di sana kecil gak terlalu besar n di buat dari

papan,ya mungkin tu tak bs di sebut

masjid,tp musolla,tu satu2nya tmpt ibadah

di kampung itu.di perjlnn gua ke masjid

gua ngrsa heran d perhati'in ma org2

trus,apa gua ganteng bgt xa pake baju

muslim hem (pd dikit boleh donk hem) .stlh

sampe di masjid gua heran banget kok sepi

skli?gua masuk ke halaman masjid n brjln

ke pintu masjid,sungguh gua kaget banget

melihat ruangan masjid itu,berdebu

atapnya bocor pokoknya kotor

banget,kagak ke'urus pokoknya,pantesan

org2 ngerasa heran ngeliat gua pas brngkt

td,kera2 n burung2 di atas pohon pun

ngerasa heran ngeliat gua sndirian di

masjid.tak lm kmudian gua pulang n

memutuskn solat di rumah,slse solat n

makan gua duduk2 sm cambang sambil

minum saguer.krna pnsaran gua nanyak

ma cambang knpa gak da org xg

jum'atan,cambangpun ngejelasin,di sini

gak da org xg solat apalagi jum'atan,parah

trnyata org2 di sana cuma islam KTP pikir

gua.satu lgi xg parah,minuman sehari2

mereka itu saguer(bhsa sana or balok).org

NTT menyebutnya sagero,sdangkan org

lombok mnybutnya tuak,kalian msh

bingung,gua juga bingung,xg pastinya

minuman xg memabukan dah hem,,. Stlah

waktu menunjukan jam 4sore,tiba2 da org

xg datang ngajak tahlilan,gua kira tak da xg

tau tahlilan,scara islam ktp bgt pikir gua,stlh

smpe n duduk tiba2 makanan di

keluarin,ustad kemudian memimpin tahlilan,tp ustad cuma

mengucapkn Basmalah aja lalu kita mulai makan sama2,parah ne,o ya tmen2 tau gaBasmalah aja lalu kita mulai makan sama2,parah ne,o ya tmen2 tau gak orang-orang yg di sebut ustad tu orang yg kayak gimana hem,orang yg di sebut ustad itu orang yg ttp pake'kopiah,wadduuh,,,,jdi klok tmn2 mau jdi ustad or ustazah tmn2 cukup pake'kopiah or yg cewek pake'jilbab tiap hari di pedalaman sana,maka penduduk pedalaman sulawesi sana pasti menganggap tmn2 ustad or ustazah klo'yg cewek heee,biarpun kalian pada tak pernah solat hehehe...
Tp dari itu lepas dari yg saia lihat n ceritakan masalah kuranggnya ajaran agama disana,smoga ada orang2 alim or ustad ustazah yg ngebaca coretan gua n mau ke sana tuk memperbaiki kehidupan penduduk pedalaman sulawesi di sana,Amin...
Aih mata dah tak nak di ajak berfriend ni kawan jadi gua pamit undur diri dulu heee...
Makasih atas kunjungan kawan2 di blog sederhana ini...

Tidak ada komentar: